24 September 2013 | 18:46 Dibaca oleh Pengunjung
Menpan Siap Mundur, Jika Dirinya Main di Seleksi CPNS

JAKARTA, FAJAR -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Abubakar menegaskan dirinya siap mundur dari jabatannya sebagai Menteri, jika diri bermain dalam pelaksanaan CPNS 2013 yang sedang digelar pihaknya saat ini.

Bahkan dirinya menantang siapa saja yang bisa memastikan bahwa dirinya bermain dalam rekruitmen CPNS ini, akan diberikannya uang sebesar Rp 1 miliar. "Kalau ada yang bisa buktikan saya bermain, langsung saya beri Rp 1 miliar, dan saya akan mundur dari jabatan saya sebagai menteri," kata Azwar kepada Rakyat Sultra dikantornya, Selasa (24/9).        

Azwar menjelaskan, sikap mundur dari jabatan dan pemberian uang kepada yang bisa membuktikan dirinya bermain, adalah  bentuk jaminan dari dirinya bahwa pelaksanaan rekruitmen CPNS 2013 bersih, tak ada lagi yang mencoba bermain-main mengambil keuntungan dibalik penerimaan CPNS.

Dijelaskannya, sikapnya untuk meletakkan jabatannya itu kalau dirinya didapati bermain, sedangkan jika ada pihak-pihak lain diluar dirinya yang bermain dalam penerimaan CPNS maka dirinya tidak akan menanggungnya, melainkan ditanggung oleh yang bersangkutan langsung.

Bahkan dirinya sudah perintahkan, jika ada pihak yang bermain dalam program ini langsung tangkap dan diproses hukum. Sedangkan, jika ada PNS yang ketahuan bermain seperti menjadi calo atau memungut uang dengan mengiming-imingkan kelulusan langsung diberikan dipecat.

Karena itu, dirinya meminta semua pihak untuk tidak ragu-ragu melaporkan jika menemukan ada pihak-pihak yang mencoba bermain atau mengambil keuntungan dibalik penerimaan CPNS, atau perbuatan lain yang tidak bertangungjawab dibalik pelaksanaan CPNS.               

Politisi Partai Amanat Nasional itu juga  meminta kepada semua pihak yang akan mengikuti tes CPNS agar belajar dengan baik, karena kelulusan seseorang tergantung yang bersangkutan sendiri.  Sebab tidak ada lagi pihak yang bisa menjamin seseorang bisa lolos menjadi CPNS.

Sistem penerimaan CPNS saat ini, tegasnya, benar-benar tidak memiliki celah untuk dimainkan. Karena tidak ada lagi ruang bagi siapapun untuk mencoba mengubah hasil pelaksanaan CPNS, atau mengganti seseorang yang lulus dengan orang lain karena sesuatu. (ags/fmc)

Install Aplikasi Fajar